Rabu, 07 Mei 2014

Membangun Sistem Keamanan Jaringan Komputer Dengan MikrotikOS


              Ini adalah judul untuk pembuatan karya ilmiah saya di Universitas Gunadarma sebagai syarat untuk kelulusan nantinya. Diberikannya tugas penulisan karya ilmiah ini salah satunya untuk melatih para mahasiswa sebelum menempuh skripsi pada tingkat akhir perkuliahan nantinya. Di jaman serba canggih sekarang ini pun keamanan semakin rentan khususnya didunia maya, oleh karena itulah saya putuskan untuk membuat sebuah sistem keamanan untuk jaringan komputer dengan menggunakan mikrotik.

              MikrotikOS merupakan Sistem Operasi networking yang berfungsi menggantikan Router. Sistem operasi ini selain handal sebagai router juga mudah digunakan karena pengkonfigurasiannya dilakukan secara manual oleh user sehingga user dapat mengatur sistem keamanan jaringan sesuai dengan keinginan. Pada zaman perkembangan teknologi sekarang ini jaringan memiliki kelemahan yang mengakibatkan masalah seperti pengiriman data yang tidak sampai, serangan virus, dan terjadinya serangan dari pihak lain (internal maupun eksternal). Analisis ini dilakukan pada konfigurasi DNS Server, konfigurasi NAT dan konfigurasi Firewall.

            Pada penulisan ini dilakukan uji coba langsung pada router Mikrotik setelah dilakukan perancangan (design) kemudian diimplementasikan langsung konfigurasi Firewall pada Mikrotik. Hasilnya adalah Firewall bekerja dengan memberitahukan pada router apa saja paket IP yang melewatinya dan setelah itu firewall akan mencocokkannya dengan kondisi yang telah dibuat kemudian menenetukan aksi apa yang akan dilakukan router sesuai dengan kondisi tertentu, firewall juga dapat mengatur situs – situs yang akan di blok, contoh : facebook , youtube dan situs – situs yang di anggap tidak layak untuk dilihat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar